Download RPP Silabus Gratis

Download RPP, Silabus SD, SMP, SMA Terlengkap dan GRATIS!

RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas VIII Semester II

Written by Mas Kuncoro on 19.28

RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas VIII Semester II - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : .............................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/2
Pertemuan Ke- : 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 9.  Memahami isi berita dari radio/televisi
Kompetensi Dasar : 9.1.Menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana,
kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan/
atau ditonton melalui radio/televisi

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
• menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan
bagaimana) yang didengar dan/atau ditonton melalui radio/televisi;

v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
II. Materi Ajar
Cara menemukan pokok-pokok berita dan implementasinya


III. Metode Pembelajaran
– Contoh – Latihan
– Tanya jawab – Diskusi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
§ Apersepsi :
F Bertanya jawab tentang tema ”Teknologi” dan hal-hal yang harus  diperhatikan serta teknik mendengarkan berita dari radio/televisi
F Bertanya jawab tentang topik berita yang disukai siswa
§ Memotivasi :
F • menemukan pokok-pokok berita
B. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
F memfasilitasi peserta didik dapat menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan/atau ditonton melalui radio/televisi.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi  Peserta didik Mendengarkan pembacaan teks berita
F Bertanya jawab tentang pokok-pokok berita yang didengar
F Mendengarkan teks berita pada latihan
F Mengidentifikasi kata-kata kunci
F Mengidentifikasi pokok-pokok berita berdasarkan kata-kata kunci
F Menjawab pertanyaan tentang isi teks
F Membuat pertanyaan lain tentang isi teks
F Mengubah sajian berita tersebut menjadi sajian berita live report
F Menyampaikan kembali isi berita secara lisan
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.  

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F Memberikan penguatan materi yang baru dibelajarkan
F Menyimpulkan cara menemukan pokok-pokok berita dan mengemukakan kembali berita yang didengar/ditonton melalui radio/televisi

V. Sumber/Bahan/Alat
§ Berita dari radio/televisi/rekaman yang diperdengarkan
§ Teks berita dari majalah/surat kabar yang dibacakan
§ Buku pelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

Download RPP Bahasa Berkarakter Indonesia SMP Kelas VIII Semester II Selengkapnya Disini.

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book
  1. 0 komentar: Responses to “ RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas VIII Semester II ”

Dapatkan Update RPP Silabus Terbaru dengan Klik LIKE dibawah

Powered By | Blog Gadgets Via Blogger Widgets

Advertising