Download RPP Silabus Gratis

Download RPP, Silabus SD, SMP, SMA Terlengkap dan GRATIS!

RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas VII Semester II

Written by Kuncoro on 08.25

RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas VII Semester II - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN
(RPP)

Nama Sekolah : ..........................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/2
Standar Kompetensi : Aspek Mendengarkan
 9. Mampu memahami wacana lisan melalui kegiatan   wawancara.
Kompetensi Dasar :
9.1 Mampu menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/narasumber yang disampaikan dalam wawancara.
Alokasi Waktu                : 4 x 40 menit (2 kali pertemuan)

A.  Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama KD Nomor 9.1
1. Peserta didik dapat menyebutkan pikiran, pendapat, gagasan seorang tokoh/narasumber yang disampaikan dalam wawancara.
2. Peserta didik dapat menyimpulkan pikiran, pendapat, gagasan seorang tokoh/narasumber yang disampaikan dalam wawancara.
3. Peserta didik dapat menuliskan inormasi yang diperoleh dari wawancara yang didengarkan ke dalam beberapa kalimat.


v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
B. Materi Pembelajaran
     9.1 Penyimpulan Berita

C. Metode Pembelajaran
1. Penugasan
2. Pemodelan

D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Awal
Apersepsi :
a. Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang kegiatan wawancara yang pernah disaksikan atau didengar Peserta didik dari televisi atau radio.
Motivasi :
a. Guru menjelaskan secara singkat materi pokok yang akan dibelajarkan.
b. Guru menjelaskan secara singkat tujuan pembelajaran.
c. Melalui tanya jawab, Peserta didik mengidentifikasi manfaat keterampilan mendengarkan isi wawancara.
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik  menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/narasumber yang disampaikan dalam wawancara

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.


Selengkapnya, silakan download....

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book
  1. 0 komentar: Responses to “ RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas VII Semester II ”

Dapatkan Update RPP Silabus Terbaru dengan Klik LIKE dibawah

Powered By | Blog Gadgets Via Blogger Widgets

Advertising