RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas VIII Semester II
Written by Mas Kuncoro on 19.28RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas VIII Semester II - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : .............................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/2
Pertemuan Ke- : 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 9. Memahami isi berita dari radio/televisi
Kompetensi Dasar : 9.1.Menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana,
kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan/
atau ditonton melalui radio/televisi
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
• menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan
bagaimana) yang didengar dan/atau ditonton melalui radio/televisi;
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
II. Materi Ajar
Cara menemukan pokok-pokok berita dan implementasinya
III. Metode Pembelajaran
– Contoh – Latihan
– Tanya jawab – Diskusi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
§ Apersepsi :
F Bertanya jawab tentang tema ”Teknologi” dan hal-hal yang harus diperhatikan serta teknik mendengarkan berita dari radio/televisi
F Bertanya jawab tentang topik berita yang disukai siswa
§ Memotivasi :
F • menemukan pokok-pokok berita
B. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
F memfasilitasi peserta didik dapat menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan/atau ditonton melalui radio/televisi.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi Peserta didik Mendengarkan pembacaan teks berita
F Bertanya jawab tentang pokok-pokok berita yang didengar
F Mendengarkan teks berita pada latihan
F Mengidentifikasi kata-kata kunci
F Mengidentifikasi pokok-pokok berita berdasarkan kata-kata kunci
F Menjawab pertanyaan tentang isi teks
F Membuat pertanyaan lain tentang isi teks
F Mengubah sajian berita tersebut menjadi sajian berita live report
F Menyampaikan kembali isi berita secara lisan
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F Memberikan penguatan materi yang baru dibelajarkan
F Menyimpulkan cara menemukan pokok-pokok berita dan mengemukakan kembali berita yang didengar/ditonton melalui radio/televisi
V. Sumber/Bahan/Alat
§ Berita dari radio/televisi/rekaman yang diperdengarkan
§ Teks berita dari majalah/surat kabar yang dibacakan
§ Buku pelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
Download RPP Bahasa Berkarakter Indonesia SMP Kelas VIII Semester II Selengkapnya Disini.
0 komentar: Responses to “ RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas VIII Semester II ”